Peraturan ini menetapkan pedoman teknis untuk pelaksanaan penilaian buku pendidikan, yang mencakup buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan buku panduan pendidik. Penilaian bertujuan menjamin kualitas isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan buku sesuai dengan standar nasional pendidikan.
Peraturan ini mengatur tata cara penilaian buku pendidikan untuk memastikan mutu, relevansi, dan kesesuaian buku dengan standar pendidikan nasional. Penilaian dilakukan terhadap buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan buku panduan pendidik untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Pedoman ini memberikan panduan komprehensif dalam membudayakan kegemaran membaca di berbagai lingkungan — yaitu keluarga, sekolah, masyarakat, dan perpustakaan. Tujuannya adalah memperkuat literasi nasional dan mendukung kecerdasan bangsa sesuai amanat Undang‑Undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, khususnya Pasal 48 yang menekankan peran sinergi antara tiga pilar edukasi. Dokume…
Pedoman ini menyajikan instrumen teknis pelaksanaan Program PKB melalui pendekatan zonasi guna meningkatkan mutu pembelajaran di Indonesia. Tujuan utamanya adalah mendukung kualitas proses belajar mengajar melalui Program PKP yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), serta pemerataan mutu pendidikan secara regional. Strategi zonasi diterapkan melalui pengelolaan lembag…
Laporan ini mencakup kegiatan dan pencapaian SEAMEO QITEP in Science selama periode 2009–2010, dengan fokus pada peningkatan kompetensi tenaga pendidikan sains di kawasan Asia Tenggara. Materi yang dilaporkan meliputi pelatihan guru IPA berbasis inquiry‑based science education (IBSE), pengembangan perangkat pembelajaran sains, kolaborasi regional antar negara anggota SEAMEO, serta penelitia…
Pedoman ini disusun sebagai acuan dalam menyelenggarakan pemilihan widyaiswara berprestasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuannya adalah mendorong peningkatan kualitas, motivasi, dan profesionalisme widyaiswara melalui penilaian berbasis kinerja dan prestasi.
Dokumen ini disusun sebagai panduan pelaksanaan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) ke dalam pembelajaran berbasis Kurikulum 2013
Dokumen ini merupakan panduan resmi tentang Standar Nasional Perpustakaan Khusus yang diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Buku ini memuat inventarisasi tokoh-tokoh sejarah dan budaya dari beberapa wilayah seperti Majalengka, Jakarta Utara, Lebak, dan Way Kanan. Disusun sebagai bagian dari upaya dokumentasi nilai budaya lokal di Jawa Barat. Tokoh-tokoh yang dipilih dianggap sebagai agen perubahan yang berperan dalam dinamika sejarah dan budaya. Buku ini juga bertujuan mempertahankan dan mengembangkan kesadaran masy…
Bibir tersenyum hati menanggis melukiskan gejala umum kewajibaan, psikologi dan nurani kita yang " terbiasa untuk menipu diri sendiri". Kita terbiasa untuk bersikap ramah, sedangkan hati kita demikiain sulit untuk beramah ramah dengannya kita terbiasa untuk tersenyum bahagia, sedangkan hati tengah menanggis pilu karena duka dan derita.