Buku ini berisi perjalanan dan kiprah PPPPTK IPA selama 65 tahun semenjak dibentuk dalam memberdayakan guru-guru IPA se Indonesia.
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan (PPPPTK IPA) adalah unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yang berada di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK). Tugas PPPPTK IPA adalah melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan di bidang IPA. Di dalam tugas dan…
Penugasan pencarian ayat-ayat Alqur'an pada materi pewarisan sifat, dapat menguatkan karakter religius siswa yang tampak dari beberapa perubahan sikap, yaitu: a Ketika berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, siswa terlihat lebih serius dan khusu', termasuk ketika membaca surat pendek/ayat pilihan (sesuai jadwal). b. Ketika mendapatkan jadwal sholat dhuha dan sholat zuhur berjamaah, seba…
Kegiatan pembelajaran magnet dengan menggunakan model 'discovery learning, dapat disimpulkan: a. Model pembelajaran 'discovery learning' yang dapat meningkatkan literasi Sains siswa yang diawali dari penyusunan RPP. Bagian awal memuat motivasi dan rumusan masalah. Pada bagian inti terdiri dari perumusan hipotesis, kegiatan inti pembelajaran, kesimpulan, dan kegiatan pemantapan. Jenis penilai…
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan a Penerapan Model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan Keterampilan proses Sain kelas XI SMA Negeri 1 Tambun utara kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2017/2018 pada materi Sistem Pencernaan. b. Hsil analisis data menunjukan peningkatan rata-rata skor Keterampilan Proses Sains dari siklus I ke Siklus II. Hal ini diseba…
Untuk memperoleh kualitas belajar yang optimal, media ini perlu diinteraksikan dengan model pembelajaran tertentu. Interaksi dengan model Discovery Learning telah ditunjukkan dengan hasil seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya. Namun sangat memungkinkan media pembelajaran KUBB layak untuk digunakan berdampingan dengan model pembelajaran yang lain. Harapannya tentu pembelajaran dengan menggun…
a. Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran TTW berbasis Sastrawan kimia di kelas X AK 1 SMK S3 Idhata Curup menunjukkan persentase keaktifan kelompok pada siklus pertama adalah 64,71 %, hasil tes akhir 64,72 dan rata-rata hasil belajar sebesar 63,88 %, berhasil meningkatkan persentase keaktifan kelompok 82,5%, hasil tes akhir 81,38 serta rata-rata hasil belajar 88,89% pada siklus dua. …
erdasarkan analisis data, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa workshop efektif untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai dimensi pengetahuan faktual, prosedural, konseptual, dan metakognitif dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan pemahaman guru dari 49,00 % pada siklus pertama menjadi 76,50% pada siklus kedua. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan …
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dan juga dapat dirasakan manfaat nya oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa " Penggunaan Tracker dapat meningkatkan prestasi belajar Fisika materi Gerak Lurus".
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom dengan kelas digital Edmodo dapat meningkatkan pemahaman konsep kimia. Hal ini dapat diperoleh dari perusahaan nilai refleksi awal (pretest) sebesar 47.0 (kategori kurang) menjadi nilai refleks akhir siklus (posttest) sebesar 84.0 (baik).
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan (PPPPTK IPA) adalah unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yang berada di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK). Tugas PPPPTK IPA adalah melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan di bidang IPA. Di dalam tugas dan…
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan (PPPPTK IPA) adalah unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yang berada di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK). Tugas PPPPTK IPA adalah melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan di bidang IPA. Di dalam tugas dan…
Dengan makalah yang berjudul "Pemanfaatan Kol Ungu Sebagai Indikator Alami (pH/Derajat Keasaman) Pada Pembelajaran Materi Sifat Asam Basa dengan Menggunakan Model Siklus Belajar 5E, diharapkan dapat membuka wawasan dik dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada peserta didir (student centre). Sehingga dalam proses pembelajaran, peserta didik dapat berpikir kritis, kreatif,…
Peningkatan hasil belajar IPA siswa tentang perkembangbiakan tumbuhan pada mata pelajaran IPA di siklus I sampai dengan pelaksanaan tindakan siklus II dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar dengan pendekatan inquiri nampak sekali terjadi peningkatan yang positif. Artinya bahwa, dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA khusunya tentang perkembang…