Buku Penilaian Kinerja Sistem PKB dan Sistem Presentasi Kerja membahas secara komprehensif konsep, indikator, dan mekanisme evaluasi kinerja guru dalam kerangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Buku ini mengulas bagaimana sistem penilaian dirancang untuk mendorong peningkatan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru.
Buku Apa Harus Dilakukan Guru menyajikan panduan praktis dan reflektif mengenai peran, tanggung jawab, dan strategi yang perlu dijalankan oleh guru dalam menjalankan tugas profesionalnya. Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam profesi keguruan, mulai dari perencanaan pembelajaran, manajemen kelas, penilaian hasil belajar, hingga pembentukan karakter siswa. Selain itu, buku ini menyoroti…
Majalah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan terbitan berkala yang menyajikan artikel-artikel ilmiah, hasil penelitian, dan praktik pembelajaran inovatif di bidang pendidikan sains.
Buku ini Berisi Tentang Mengenal laser,peran serat optik komunikasi modern,dan asal usul terjadinya badai El-Nino
Buku Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Senyawa Patogen disusun sebagai bahan ajar dalam pendidikan biologi yang membahas mekanisme pertahanan tubuh organisme terhadap ancaman biologis seperti bakteri, virus, jamur, dan zat asing lainnya.
Buku ini berisi perjalanan dan kiprah PPPPTK IPA selama 65 tahun semenjak dibentuk dalam memberdayakan guru-guru IPA se Indonesia.
Majalah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam menyajikan berbagai artikel ilmiah dan kajian praktis yang membahas pengembangan pembelajaran sains di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Fokus utama majalah ini meliputi strategi pengajaran inovatif, pengembangan kurikulum IPA, integrasi teknologi dalam pembelajaran sains, serta hasil penelitian empiris di bidang pendidikan IPA. Diharapkan, majalah …
Buku ini membahas secara komprehensif mekanisme sistem pertahanan tubuh manusia dalam melawan berbagai senyawa patogen seperti bakteri, virus, jamur, dan toksin. Dimulai dari pengenalan struktur dan fungsi komponen sistem imun, baik imun bawaan (non-spesifik) maupun imun adaptif (spesifik), buku ini juga mengulas proses deteksi patogen, respon imun seluler dan humoral, serta peran sel-sel imun …
Buku Pengalaman Terbaik Guru memuat kisah-kisah inspiratif dari para pendidik yang membagikan pengalaman berharga selama menjalankan tugas sebagai guru. Setiap cerita mencerminkan tantangan, keberhasilan, dan pembelajaran yang mereka alami dalam proses mendidik, membimbing, dan membentuk karakter siswa.
Penugasan pencarian ayat-ayat Alqur'an pada materi pewarisan sifat, dapat menguatkan karakter religius siswa yang tampak dari beberapa perubahan sikap, yaitu: a Ketika berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, siswa terlihat lebih serius dan khusu', termasuk ketika membaca surat pendek/ayat pilihan (sesuai jadwal). b. Ketika mendapatkan jadwal sholat dhuha dan sholat zuhur berjamaah, seba…
Kegiatan pembelajaran magnet dengan menggunakan model 'discovery learning, dapat disimpulkan: a. Model pembelajaran 'discovery learning' yang dapat meningkatkan literasi Sains siswa yang diawali dari penyusunan RPP. Bagian awal memuat motivasi dan rumusan masalah. Pada bagian inti terdiri dari perumusan hipotesis, kegiatan inti pembelajaran, kesimpulan, dan kegiatan pemantapan. Jenis penilai…
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan a Penerapan Model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan Keterampilan proses Sain kelas XI SMA Negeri 1 Tambun utara kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2017/2018 pada materi Sistem Pencernaan. b. Hsil analisis data menunjukan peningkatan rata-rata skor Keterampilan Proses Sains dari siklus I ke Siklus II. Hal ini diseba…
Untuk memperoleh kualitas belajar yang optimal, media ini perlu diinteraksikan dengan model pembelajaran tertentu. Interaksi dengan model Discovery Learning telah ditunjukkan dengan hasil seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya. Namun sangat memungkinkan media pembelajaran KUBB layak untuk digunakan berdampingan dengan model pembelajaran yang lain. Harapannya tentu pembelajaran dengan menggun…
a. Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran TTW berbasis Sastrawan kimia di kelas X AK 1 SMK S3 Idhata Curup menunjukkan persentase keaktifan kelompok pada siklus pertama adalah 64,71 %, hasil tes akhir 64,72 dan rata-rata hasil belajar sebesar 63,88 %, berhasil meningkatkan persentase keaktifan kelompok 82,5%, hasil tes akhir 81,38 serta rata-rata hasil belajar 88,89% pada siklus dua. …
erdasarkan analisis data, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa workshop efektif untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai dimensi pengetahuan faktual, prosedural, konseptual, dan metakognitif dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan pemahaman guru dari 49,00 % pada siklus pertama menjadi 76,50% pada siklus kedua. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan …
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dan juga dapat dirasakan manfaat nya oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa " Penggunaan Tracker dapat meningkatkan prestasi belajar Fisika materi Gerak Lurus".
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom dengan kelas digital Edmodo dapat meningkatkan pemahaman konsep kimia. Hal ini dapat diperoleh dari perusahaan nilai refleksi awal (pretest) sebesar 47.0 (kategori kurang) menjadi nilai refleks akhir siklus (posttest) sebesar 84.0 (baik).
Dengan makalah yang berjudul "Pemanfaatan Kol Ungu Sebagai Indikator Alami (pH/Derajat Keasaman) Pada Pembelajaran Materi Sifat Asam Basa dengan Menggunakan Model Siklus Belajar 5E, diharapkan dapat membuka wawasan dik dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada peserta didir (student centre). Sehingga dalam proses pembelajaran, peserta didik dapat berpikir kritis, kreatif,…
Peningkatan hasil belajar IPA siswa tentang perkembangbiakan tumbuhan pada mata pelajaran IPA di siklus I sampai dengan pelaksanaan tindakan siklus II dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar dengan pendekatan inquiri nampak sekali terjadi peningkatan yang positif. Artinya bahwa, dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA khusunya tentang perkembang…