Text
presentation materials of UK-Indonesia chemistry education linking workshop (to be compiled in accordance with UK-Indonesia chemistry education linking workshop held 15-16 July 2007)
Tulisan ini mengemukakan pokok-pokok pikiran tentang berbagai aspek pendidikan kimia, baik aspek teoretik, praksis, maupun aspek penelitian, dengan maksud memberikan kerangka acuan bagi siapa saja yang berkepentingan untuk menganalisis, mengembangkan, dan meneliti desain dan implementasi pendidikan kimia di sekolah menengah. Paparan dalam tulisan ini dimulai dengan kajian hakekat kimia dan misi universal mata pelajaran kimia, yang selanjutnya digunakan untuk menganalisis cetak biru mata pelajaran kimia SMA/MA di Indonesia, isu dan permasalahan implementasinya di sekolah. Dengan menggunakan acuan sebuah model pembelajaran efektif dalam kimia kemudian tulisan ini mencoba menawarkan pergeseran-pergeseran paradigma pembelajaran yang perlu dilakukan di masa depan. Tulisan ini ditutup dengan suatu paparan tentang arah-arah dan isu sentral penelitian yang perlu dilakukan dalam konteks pendidikan kimia untuk memberikan rujukan untuk memperkuat praksis pendidikan kimia di lapangan.
No other version available