Buku ini adalah salah satu sarana belajar yang harus peka terhadap zaman. Buku ini selain mengacu terhadap standar kompetensi mata pelajaran kimia SMA, pembelajran disusun berdasarkan konsep pembelajaran kontekstuan. Adapaun beberapa prinsip pembelajaran ini meliputi kontruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, permodelan, refleksi dan penilaian yang sebenarnya.
Buku ini disusun berdasarkan pendekatan kontekstual. Dengan pengalaman sehari-hari tentang kimia inilah yang disusun, kemudian ditanamkan konsep-konsep ilmu kimia. Penanaman konsep ini tidak semata-mata hanya dengan ceramah, melainkan melalui aktivitas yang bervariatif.
Buku ini disusun berdasarkan pendekatan kontekstual. Dengan pengalaman sehari-hari tentang kimia inilah yang disusun, kemudian ditanamkan konsep-konsep ilmu kimia. Penanaman konsep ini tidak semata-mata hanya dengan ceramah, melainkan melalui aktivitas yang bervariatif.